Home » » Lapisan Ozon Mulai Membaik

Lapisan Ozon Mulai Membaik


Berita baik untuk planet Bumi dan semua penghuninya! Para ilmuwan telah dilaporkan menemukan bahwa lubang besar di lapisan ozon Antartika mulai menutup. Konfirmasi Membaiknya Lapisan Ozon dibuat oleh tim peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat dan Inggris University of Leeds.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Science, ukuran rata-rata lubang ozon telah ditemukan menyusut. Sesuai dengan analisis pengukuran tahunan yang diambil pada bulan September, itu telah turun dalam ukuran lebih dari 1,7 juta mil persegi sejak tahun 2000. Selain itu, para ilmuwan telah meramalkan bahwa pada tahun 2050 lubang ozon di atas Kutub Selatan akan tertutup secara permanen.

Keberhasilan proses penyembuhan dari lapisan ozon ini sedang dikaitkan dengan Protokol Montreal tahun 1987, yang dikenakan larangan penggunaan chlorofluorocarbons di lemari es dan aerosol. Lapisan ozon melindungi kehidupan di planet kita dari sinar ultraviolet yang berbahaya dari matahari, dan sebuah lubang di lapisan pelindung pertama kali ditemukan pada tahun 1950 dengan bantuan data berbasis tanah. Pada tahun 1980, peneliti dari survei Antartika Inggris mengamati penurunan terus-menerus dalam total ozon Oktober, dari kemudian lubang terus menjadi lebih besar, mencapai pengukuran maksimum 15 juta mil persegi pada tahun 2000, setelah itu tetap konstan pada ukuran ini untuk 15 tahun terakhir.

Sekarang, sistem pemodelan baru oleh para peneliti telah menunjukkan bahwa paku terbaru di penipisan ozon yang sebenarnya adalah hasil dari letusan gunung berapi daripada klorin atmosfer, dan bahwa lapisan ozon sebenarnya menyusut. "Kita sekarang dapat yakin bahwa hal-hal yang telah kita lakukan telah menempatkan planet di jalan untuk menyembuhkan," kata pemimpin peneliti Profesor Susan Solomon dari MIT. "Kami memutuskan secara kolektif, sebagai sebuah dunia, 'Mari kita menyingkirkan molekul ini'. Kami menyingkirkan mereka, dan sekarang kita melihat planet merespon". Kebetulan, pertumbuhan lapisan ozon dimulai setiap tahun dari Agustus, ketika matahari membuat kembali ke tutup Kutub Selatan, dengan pertumbuhan puncak terjadi pada bulan Oktober.

0 Komentar:

Peraturan Dalam Berkomentar :

[+] Marilah Kita Budayakan Berkomentar Sesudah Membaca Artikel.
[+] Dilarang Menghina, Promosi Atau Iklan, Menyelipkan Link Aktif.
[+] Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Porno, Spam, Sara, Politik, Profokasi.
[+] Budayakan Berkomentar Dengan Sopan, Bijak, dan Sesuai Artikel (Dilarang Berkomentar Diluar Topic)

Terima Kasih Sudah Berkunjung ^_^